Sejarah Kopi Luwak dan Cara Membuatnya

Pages

Sejarah Kopi Luwak dan Cara Membuatnya

Sejarah Kopi Luwak - Kamu mungkin pernah mendengar kopi luwak? Kopi Luwak adalah kopi yang sebagian diproses di saluran pencernaan musang, sejenis kucing eksotis yang ditemukan di Indonesia dan bagian lain di Asia Tenggara.

kopi luwak

Dengan kata lain, Luwak atau musang binatang kecil ini akan memakan kopi dan biji kopi akan keluar melalui tubuhnya yang tidak tercerna.

Seperti apakah sejarah dari kopi luwak itu sendiri?

Sejarah Kopi Luwak


Kopi Luwak berasal dari pulau Sumatra, Jawa dan Sulawesi.

Di pulau-pulau Indonesia ini, ada seekor binatang yang tinggal di pohon yang memanjat di antara pohon-pohon kopi yang hanya memakan buah kopi yang paling matang dan paling merah.

Penduduk asli setempat mengumpulkan jumlah terbatas kopi perkamen Luwak yang diproses, mengeluarkan kulit perkamen, dan akhirnya mengirimkannya ke pialang kopi.

Enzim dalam perut hewan, tampaknya menambahkan sesuatu yang unik pada rasa kopi melalui atribut fermentasi pada rasa yang tidak biasa pada fermentasi alami yang dialami biji kopi dalam sistem pencernaan luwak.

Asam lambung dan enzim sangat berbeda dari fermentasi kacang dalam air.

Adapun sejarah kopi luwak dimulai pada abad kedelapan belas ketika Sumatra dan Jawa adalah bagian dari kerajaan kolonial Belanda di Hindia Timur.

Kopi Arabika diperkenalkan sebagai tanaman komersial, menggunakan tanaman yang dibawa dari Semenanjung Arab.

Pemilik perkebunan Belanda melarang pekerja pribumi mengambil sampel hasil kerja mereka.

Tetapi penduduk setempat memperhatikan bahwa musang juga memakan biji kopi yang mereka panen, dan biji kopi muncul di kotoran hewan yang tampaknya tidak berubah.

Penduduk setempat kemudian membersihkan dan memanggang kacang, dan mulai menyeduh kopi mereka sendiri.

Akhirnya, para pemilik perkebunan menangkap peluang yang bagus dari minuman kopi ini.

Penduduk kemudian mencobanya, dan tergerak bahwa itu memang kopi memiliki cita rasa yang unik dan baik.

Hingga kemudian kopi luwak berkembang dan menjadi terkenal hingga saat ini.

Bahkan kopi luwak bukan hanya terkenal di Indonesia saja, namun juga sudah sampai hingga ke belahan dunia lainnya.

Cara Membuat Kopi Luwak


Cara membuat kopi luwak sendiri sangat mudah sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa biji kopi mengalami proses yang tidak berbeda dari fermentasi di usus luwak.

Musang harus makan biji kopi matang kemudian proses pencernaan sekitar 24 jam, biji kopi yang tidak tercerna diekskresikan di kotoran luwak.

Enzim pencernaan memecah protein, memperpendek peptida, dan membebaskan beberapa asam amino kacang.

Proses ini menghasilkan hasil akhir yang lebih lembut dan lebih halus setelah biji dikumpulkan, dibersihkan, dipanggang, ditumbuk, dan diseduh menjadi kopi.

Orang-orang kemudian mengumpulkan biji ini, mencucinya, memanggangnya, dan kemudian menjualnya sebagai biji kopi termahal di dunia.

Kopi Luwak dapat dijual dengan harga lebih dari ratusan ribu rupiah dan menjadikannya kopi termahal kedua di dunia setelah kopi Black Ivory, merek kopi Thailand yang terbuat dari kacang yang telah melewati usus gajah.

Mengumpulkan biji kopi dari kotoran luwak kelapa sawit intensif membutuhkan banyak tenaga kerja, dan biaya tenaga kerja inilah yang terutama mendorong harga kopi luwak begitu tinggi.

Karena hal ini, beberapa orang Indonesia yang rajin akhirnya memutuskan untuk lebih mudah memanen kotoran hewan ini.

Untuk membuat kopi luwak ini, banyak perusahaan kopi yang kemudian membangun peternakan pabrik untuk mereka, di mana hewan-hewan disimpan di dalam kandang dan dalam beberapa kasus, biji kopi bahkan dimasukkan paksa ke mulut hewan Luwak.

Ada banyak keluhan serta keprihatinan masyarakat hingga ada sebuah program jurnalistik yang menampilkan tentang kekejaman terhadap hewan di perkebunan kopi ini.

Namun namanya sebuah bisnis, pro dan kontra itu pasti ada.

Ya, manusia secara alami cenderung mencari untung dan karena keuntungan besar yang dapat dipetik dari peternakan luwak, hewan-hewan ini terpaksa hidup dalam kondisi yang mengerikan untuk memainkan peran mereka dalam model bisnis.

Para luwak ini hanya bisa makan kopi dan tidak lebih dari mencerna biji kopi.

Itulah sebabnya kamu harus memastikan bahwa kopi luwak yang kamu minum adalah Kopi Luwak Bersertifikat, yang berarti luwak tidak dianiaya atau disalahgunakan.

Pastikan kopi tidak dicampur dengan jenis yang lebih murah, dan bahwa biji tersebut dipilih sendiri oleh petani setempat.

Perbandingan Rasa Kopi Luwak dengan Jenis Kopi Lainnya


Bagaimana rasa yang dihasilkan dari kopi luwak? Tentu, ada banyak kontroversi dari kopi luwak mulai dari cara pembuatannya dan kopinya yang terkenal sangat mahal.

Namun, bagaimana dengan rasanya kopi luwak? Wajar jika banyak yang kemudian bertanya-tanya bagaimana rasa kopi luwak dibandingkan dengan kopi gourmet lainnya.

Apakah sebenarnya bernilai dari kopi mahal lainnya?

Kebanyakan ahli kopi mengatakan tidak. Faktanya, proses yang dilakukan oleh kopi luwak, secara alami, merampas produk jadi dari sebagian besar keasamannya.

Tanpa keasaman, kopi bisa menjadi sangat hambar, dan tidak sepenuhnya kompleks dalam rasa.

Karena kenyataan bahwa biji kopi diproses di dalam tubuh luwak, setelah dipanggang, biji yang keluar tentu lebih berminyak dan memiliki rasa yang lebih halus dan lebih kuat.

Rasa  itu sangat mengejutkan untuk sesuatu yang baru saja melalui sistem pencernaan karnivora kecil.

Beberapa mengatakan kopi luwak rasanya seperti cokelat hitam, yang lain mengklaim rasanya seperti karamel tanpa rasa pahit khas kopi.

Apakah Kopi Luwak Aman untuk Diminum?


Kopi dikatakan aman untuk diminum karena kuman akan dihilangkan selama proses pencucian dan pemanggangan.

Tetapi artikel dari majalah Time menyebutkan kemungkinan biji kopi akan mengalami pertumbuhan jamur jika jatuhannya tidak ditemukan dalam 24 jam.

Dan bagaimana kamu bisa tahu berapa lama biji berada di pencernaan luwak kecuali jika kamu mengikuti luwak sepanjang malam menunggu untuk buang air besar ?! Itu pertanyaan yang sangat bagus.

Seperti ceritanya, orang pertama yang minum kopi luwak adalah pekerja di perkebunan kopi.

Mereka tidak diizinkan membuat kopi dari biji yang diproses di perkebunan, jadi mereka akan mengumpulkan biji dari kotoran musang liar.

Cara Paling Tepat Membuat Kopi Luwak


Untuk menyiapkan secangkir kopi luwak yang baik, maka kamu perlu menyiapkan mesin pres moka pot atau bahkan pot vakum alternatif dapat digunakan.

Kopi luwak bahkan dapat disiapkan menggunakan kertas saring sebagai kopi saring biasa.

Secara umum, cukup mengikuti panduan sederhana ini (hampir identik dengan kopi biasa):

  1. Beli kopi bersertifikat berkualitas tinggi.
  2. Jangan menyimpan kopi luwak di lemari es (sebelum atau setelah menggilingnya).
  3. Kacang harus digiling sesuai dengan metode yang telah kamu pilih untuk mengikuti selama persiapan (kacang yang lebih besar untuk mesin, baik untuk moka pot, dan yang terbaik untuk espresso)
  4. Suhu air yang tepat (suhu ideal adalah 95 ° C). Poin ini sangat penting ketika menyiapkan secangkir kopi luwak yang baik.
  5. Rasio air minum yang tepat - disarankan kamu menerapkan rasio standar 9 gram untuk sekitar 170 mililiter air.

Seperti itulah sejarah dari kopi luwak dan cara membuatnya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat.

Simak juga informasi menarik lainya yang berkaitan dengan kopi berikut ini :

chat whatsapp